Ciri Terkena Penyakit Prostat

Kelenjar prostat merupakan kelenjar yang hanya di miliki oleh laki-laki sebab kelenjar prostat merupakan salah satu organ reproduksi laki-laki. Prostat merupakan sebuah kelenjar kira-kira sebesar biji kenari, memang cukup kecil.

Letak kelenjar prostat Letaknya berada di dalam organ reproduksi pria, tepatnya di atas penis dan dekat kandung kemih. Fungsi prostat adalah membantu proses ejakulasi. Fungsi utama prostat adalah tempat terjadinya pembentukan semen. Semen adalah gabungan dari sperma yang di bawah uretra dari testis dengan protein yang dihaslkan oleh vesikula seminalis, dan cairan produksi prostat. Prostat juga berfungsi sebagai saluran untuk mengalirkan urine dari kandung kemih. Prostat juga dapat terkena penyakit, maka dari itu anda harus tahui ciri ciri penyakit prostat, supaya dapat memberikan penanganan yang sedini mungkin supaya resiko kesembuhan semakin besar.

Macam-Macam Penyakit Prostat

Pria yang sudah melewati 40 thn pada umumnya prostatnya mulai membersar. Ini disebabkan karena ketika usia 40 ke atas hormon pria nya mulai menurun.

peberdaan antara prostat normal dan prostat berpenyakitPembesaran prostat arah tumbuhnya umumnya ke bagian tengah, maka menjepit pipa saluran kemih yang melewatinya.

Pada penderita penyakit prostat ada 2 macam, ada yang prostatnya membesar dan ada juga yang prostatnya tidak membesar sama sekali. Penyebabnya belum di ketahui secara pasti, yang pasti tidak ada kaitannya dengan urusan seks. Diduga yang sangat berperan pada keadaan prostat adalah Mineral seng (Zn).

Ciri-ciri Penyakit prostat penyerang seseorang

Ketika terjadi penyakit prostat terjadi pembesaran prostat, sehingga saluran kencing dapat terganggu. Membuat saluran kencing menjadin sempit, alas kandung kemihpun ikut tersundul, sehingga menjadi tidak rata lagi. Berikut in ciri ciri bahwa kelenjar prostat seseorang menderita masalah :

  • Insentitas kencing menjadi lebih sering, dan keluarnya sedikit-sedikit.
  • Sering kencing di malam hari
  • Kencing berdarah

Bahayanya  ternyata tidak semua masalah pada prostat menyebabkan gejala, tapi ada juga yang tidak menyebabkan gejala sedikitpun, sehingga biasanya penangan dilakukan ketika sudah parah.

cara mengatahui penyakit prostatPada orang sehat ketika sudah buang air kecil ari seni yang tersisa di kandung kemih adalah 10 cc saja. Karena terjadi pembesaran para prostat akan menyebabkan lebih besar dari pada 10 cc. Baru jika kencing sudah lebih dari 1000 cc pembesaran prostgatnya akan teraba sewaktu di perikla lewat metode rctal toucher (penyentuhan dubur).

Jenis-Jenis Penyakit Prostat dan Cirinya

Penyakit prostat ada beberapa jenis ada yang tidak berbahaya dan ada juga yang sangat berbahaya. Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit prostat :

Prostatitis, adalah peradangan prostat cirinya menyebabkan gejala seperti demam dan rasa tidak nyaman ketika buang air kecil. Selain itu terkadang ketika buang air kecilpun terasa nyeri,

Hiperlansia Prostatitis ringan, adalah penyakit prostat diamana prostat menderita pembengkakan non-kanker, yang menyebabkan buang air kecil terutama di malam hari menjadi sering. Ciri selanjutnya adalah melemahnya pancaran air kencing. Masalah ini juga menyebabkan perasaan seperti masih ada sisa air seni di dalam kandung kemih. Pada umumnya penyakit ini menyerang pria di usia 40 ke atas, pada pria berusia 55 thn kemungkinannya mencai 25% dan pada usia 75 thn kemungkinannya semakin meninggi jadi 50%.

Kanker Prostat atau Tumor, adalah penyakit prostat yang sangat serius. Ini dapat di deteksi sedini mungkin dengan cara rutin memeriksakan organ reproduksi anda, memeriksa bila anda benjolan. Bahayanya gejala awal dari penyakit ini hampir tidak dapat dirasakan, tapi akan terasa bila tumor ganas ini sudah cukup parah.

Sel kanker dapat menyebar ke organ tubuh lainnya, melalui darah, efeknya menyebabkan nyeri punggun, gangguan berkaitan dengan neurologi, serta tersumbatnya sistem limfatik sehingga kakipun jadi bengkak.

Pola hidung yang sehat adalah salah satu pencegah dari penyakit prostat, seperti mengkonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga adalah solusi terbaik. Serta sebisa mungkin jauhkan diri dari faktor penyebab kanker, seperti asap rokok dan sebagainya.

baca juga :