Ciri ciri Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes melitus atau akrab di sebut dengan juga atau kencing manis ini adalah penyakit yang cukup sulit di sembuhkan, seliain itu penyakit ini juga dapat sangat berbahaya. Penyakit diabetes melitus atau penyakit gula adalah penyakit gangguan pada pangkreas, dimana pangkreas tidak bisa memproduksi hormon insulin sesuai kecukupan tubuh, ataupun tidak bisa memproduksi sama sekali. Diabetes melitus juga bisa disebabkan oleh gangguan fungsi pangkreas lainnya, seperti pangkreas memproduksi insulin yang bemasalah yaitu insulin yang kehilangan fungsinya yaitu tidak bisa mengontrol sel gula dalam darah

Kenapa insulin begitu penting bagi tubuh ? karena insulin merupakan hormon yang fungsinya menstabilkan dan mengontrol gula darah dan membantu merubahnya menjadi tenaga.

Dalam postingan kali kami akan menjelaskan kepada anda Ciri ciri penyakit diabetes melitus.

Ciri Ke 1 : Meningkatnya Kadar Gula Darah

Gula darah dalam tubuh tiba-tiba meningkat sering kali di salah artikan penyebab diabetes melitus. Padahal yang sebenarnya lonjakan kadar gula darah yang terkadi merupakan akibat dari gangguan prouksi insulin, gangguan fungsi insulin ataupun kombinasi keduanya. Gangguan insulin terjadi akibat ykelenjar yang berfungsi memperoduksi insulin mengalmi kerusakan sehingga produksi insulinpun terganggu, oleh sebab itu insulin pun tidak dapat mengontrol kadar gula dadalm darah.

Ciri ke 2 : Tubuh Lemas

Tubuh menjadi lemas sebenarnya itu disebabkan oleh terbuangnya gula bersama urin maka tubuh si penderita diabetes akan mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi penting. Akibatnya kurangnya nutrisi yang di peroleh maka tubuh pun menjadi lemas dan tidak bertenaga. Selain tubuh merasa lemas, penderita juga akan menjadi sangat mudah capke sehingga kondisi ini sangat menggunya dirinya, teruma dalam melakukan aktifitas sehari hari.

Ciri ke 3 : Polifagi

Merupakan suatu keadaan dimana penderita akan lebih banyak makan, itu disebabkan karena kurang tersuplaynya tubuh dengan nutrisi, perlu di ketahui bahwa gula yang dibuang bersama dengan urin seharusnya dapat diserap dan dimanfaat oleh sel menjadi energi dan semacamnya.

Tubuh akan kehilangan banyak nutrisi, karena makanan yang di konsumsi oleh tubuh diserap tidak maksimal oleh tubuh.

Akibat kurangnya nutrisi maka tubuh pun segera mengirim sinyal ke otak yang di terjemahkan sebagai rasa lapar.

Ciri ke 4 : Sering buang Air Kecil

Terjadi akibat ginjal sudah tidak mampu lagi menahan kelebihan gula darah. Terkait dengan hal ini ginjal memiliki nilai batas ambang ginjal yaitu 180mg/dL. Jika kadar gula darah melebihi nilai tersebut nantinya kelebihan gula dalam darah akan disertap oleh ginjal untuk dibuang bersama dengan urin atau air kencing.

Ciri Ke 5 : Banyak Minum

banyak minumBanyak minum juga merupakan salah satu efek meningkatnya kadar gula dalam darah, yang ujungnya pada terbuangnya banyak cairan tubuh. Banyaknya cairan tubuh yang terbuang ini harus segera mendapatkan cairan pengganti hal inilah yang mengakibatkan timibulnya rasa harus yang dirasakan penderita. Dan sebagaisalah satu bentuk pemenuhan terhadap rasa haus yang rirasakan maka penderita akan cenderung minum dalam jumlah banyak dan sering.

Itulah ciri ciri penyakit diabetes melitus, untuk mendiagnosis diabetes secara lebih pasti sebaiknya lakukan tes kadar gula darah, yaitu pergi ke dokter. Terima kasih sudah berkunjung di website kami yaitu ciripenyakit.com.